Monday, October 20, 2008

Peluang ebisnis


ebisnis membuka peluang bagi perusahaan kecil dan besar untuk berkompetisi di pasar global. Mereka memiliki kesempatan dan peluang yang sama tanpa ada batasan.

Coba Lihat iklan teks di google.com, apakah kita tahu link iklan disisi sebelah kanan google.com tersebut perusahaan kecil atau besar. Kita tahu setelah melakukan klik terhadap situs tersebut. Inilah yang dimaksud bahwa perusahaan kecil dan besar memiliki peluang yang sama untuk dikunjungi oleh netter di seluruh dunia dan akhirnya sukses di dunia maya. Tentu bukan itu saja faktor keberhasilan sebuah website, karena faktor berikutnya justru pada apa yang akan ditawarkan oleh website yang akan dikunjungi oleh pembaca tersebut. 

Berikut ini adalah karakteristik dari sebuah informasi :

- Reach, merujuk pada jumlah potensial customer yang akan berinteraksi. Internet memberikan kemampuan untuk meningkatkan jumlah customer secara nasional dan internasional dengan harga relatif murah melalui website yang mudah dicari melalui search engine. 

- Richness, internet mampu memberikan informasi secara detail tentang suatu produk, harga dan ketersediaan. Juga lebih interaktif dan kustomisasi sesuai kebutuhan consumer, memberikan informasi yang terkini. Richness ini dibatasi oleh bandwidth,akurasi dan reliabilitas informasi dan keamanan itu sendiri.

- Afiliasi, merujuk pada seberapa efektif link dengan partner. Organisasi yang memiliki banyak link dengan organisasi serupa dapat meningkatkan kunjungan dan pengaruh. Lihat seperti google.com yang memiliki google adsense yang secara sukarela dipakai oleh jutaan pengguna di seluruh dunia. Dengan adsense ini google semakin memperluas jangkauan nya sampai ke negara-negara kecil diseluruh dunia.Padahal dia lah satu-satunya search engine yang paling berpengaruh di jagat ini.


Melihat karakteristik dari informasi seperti dijelaskan di atas sekarang apa dong yang bisa ditawarkan oleh internet bagi mereka yang akan memulai bisnis di dunia maya ?

- Jangkauan pembaca yang jumlahnya jutaan dan merata di seluruh dunia. Di Indonesia saja menurut sebuah survei pada tahun 2008 ini jumlah pengakses internet sudah mencapai 25 juta orang. Dengan jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 250 Juta jiwa, berarti ini baru 10 persen nya saja. Jika melihat prospek ke depan dengan jumlah infrastruktur yang semakin baik, ditandai dengan munculnya provider ( penyedia jasa layanan internet ) yang menyediakan akses bandwith yang semakin besar, saya yakin internet membuka peluang bisnis yang semakin besar.

Sekarang adalah eranya informasi dimana seorang yang kreatif bisa menciptakan industri sendiri tanpa harus  menggunakan modal yang besar seperti halnya  mendirikan sebuah pabrik atau membuka lahan pertanian yang sangat luas seperti era-era sebelumnya. Inilah yang dimaksud dengan industri kreatif, industri yang dihasilkan oleh mereka-mereka yang berjiwa kreatif. Apa contohnya ? lihat lah google.com, siapa yang tak kenal dengan search engine yang merajai dunia ini. Awalnya adalah ide kreatif sewaktu mereka kuliah kesulitan mendapatkan artikel di internet, merasa tidak puas dengan search engine yang ada saat itu mereka menciptakan search engine sendiri dengan peralatan seadanya. Ide kreatif ini akhirnya menjadi perusahaan besar yang merajai dunia maya.

Apakah ada ide-ide kreatif lain yang kemungkinan bisa menjadi terobosan baru di dunia maya ? pasti ada dong....

Afif-

0 comments:

Related Posts with Thumbnails
 

Informasi eBisnis. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com