Internet telah memberikan banyak manfaat, diantaranya adalah :
- Content,
Pada tahun 90 an sering dikatakan "content is king". Maksudnya adalah bahwa isi website tetap menjadi prioritas utama orang mengunjungi sebuah situs internet.Content yang kaya dan lengkap mendukung pembeli menentukan pilihan untuk melakukan transaksi pembelian suatu barang atau membangun hubungan yang lebih erat dengan pembacanya.
- Customization,
Memberikan kemudahan pembacanya untuk melakukan kustomisasi isi web, misalnya untuk sebuah situs berita pembaca bisa menentukan halaman web yang mereka inginkan, mengubah tata letak dan warna sesuai dengan keinginan pembacanya.
Contoh : bbc.co.uk
- Community,
Internet memberikan kemudahan untuk mendiskusikan sesuatu hal dengan orang-orang yang memiliki kesamaan hobi,pikiran atau pekerjaan.Mereka bisa saling bertukar pendapat dalam sebuah forum, ruang chat maupun komentar di blog.
- Convenience,
Kemampuan untuk memilih, membeli produk setiap saat 24 x 7 x 365 tanpa batas waktu. Produk yang bisa terus tersedia adalah dalam bentuk digital seperti musik atau layanan data digital ( ebook)
- Choice,
Web memberikan pilihan yang banyak terhadap produk dan pemasok daripada melalui cara-cara konvensional.Sebutlah seperti bhineka.com atau glodokshop.com mereka sebenarnya adalah intermediari yang menghubungkan antara pembeli dan penjual produk. Bhineka.com termasuk pemain toko online yang cukup sukses dan menjadi pioner di Indonesia, hebatnya dia mampu bertahan sampai sekarang.
- Cost Reduction,
Internet relatif lebih murah dibandingkan dengan mendirikan sebuah toko secara offline. Banyak biaya yang bisa dihemat seperti infrastruktur dan sumber daya manusia. Namun perusahaan online seharusnya tetap memadukan cara online dan offline agar tetap bisa sukses. Pembeli terkadang masih tidak yakin akan melakukan transaksi pembelian jika mereka mendapati perusahaan online tersebut tidak memiliki no telepon dan alamat yang bisa dihubungi.
Kendala Netter dalam mengadopsi Internet
- Merasa tak memperoleh manfaat
- Kurangnya kepercayaan
- Masalah keamanan
- Kurangnya skill
- Biaya
Di Indonesia sendiri menurut pandangan penulis masih banyak yang belum memperoleh manfaat dalam penggunaan internet. Dengan jumlah penduduk sekitar 250 juta, pengguna internet kita hanya sekitar 25 juta orang. Itu pun masih terbatas pada pekerja kantoran dan sekolah/kampus.Dari 25 juta pengguna internet, saya menduga hanya sebagian kecil yang memanfaatkan internet dengan baik. Saya amati pengguna internet di warnet-warnet sebagian besar justru menggunakannya untuk bermain game. Pekerja kantoran banyak memanfaatkan email, browsing berita dan search engine untuk mencari bahan yang relevan dengan pekerjaannya. Anak-anak muda setingkat smp, sma banyak bermain di game,chat dan komunitas. Mahasiswa lebih bervariasi selain mencari bahan kuliah, kebanyakan lebih banyak bermain di blog, komunitas dan chat.
Saya belum memperoleh survey yang memetakan siapa sebenarnya pengguna internet di Indonesia. Kalau melihat rangking teratas web yang sering dikunjungi di Indonesia lewat alexa.com justru diwakili oleh yahoo.com, kemudian search engine google.co.id, situs komunitas friendster.com. Berikutnya adalah google.com, situs blogger.com, youtube.com, facebook.com dan wordpress.com. Kemudian situs diskusi kaskus.us dan portal berita detik.com
Lihat disini :
http://www.alexa.com/site/ds/top_sites?cc=ID&ts_mode=country&lang=none
Dari sini kita bisa melihat bahwa search engine yahoo.com dan google.co.id tetap menjadi andalan netter sebagai gerbang untuk memasuki internet. Kemudian baru situs diskusi, blog/komunitas yang semakin populer di Indonesia dan tempat download aplikasi seperti rapidshare.com
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 comments:
Post a Comment