Sunday, November 8, 2009

Tips Agar Situs Anda Nongol di Halaman Pertama Pencarian Google



Mendapatkan rangking pertama dalam pencarian google sungguh sangat didambakan oleh pemilik web, termasuk saya dan Anda juga. Kenapa ? karena lebih dari 80% user yang datang pertamakali berkunjung ke web berasal dari search engine, dan lebih dari 75% itu berasal dari Google. Dan ternyata, sekitar 84% pencari google jarang menuju ke halaman 2 dari hasil pencarian Google loh dan 65% pengunjung itu jarang melakukan klik pada hasil pencarian relevan yang berbayar ( sponsored result ).

Jadi, kalau Anda berhasil menempatkan web Anda berada pada halaman pertama pencarian Google, berbahagialah karena web Anda akan cepat mendapatkan traffic dan tentu jumlah pengunjung Anda bertambah secara signifikan.

Terus bagaimana caranya agar web Anda nongol di halaman pertama Google ?
Nih, ada 7 tips yang mudah-mudahan bisa menaikkan posisi web Anda pada pencarian Google:

1. Cari niche dan konten yang bagus
Berikan pengunjung alasan yang bagus untuk datang kembali dan melakukan bookmark, tag, dan link ke situs Anda. Jika Anda melakukan usaha ini tanpa melakukan hal lain, web/blog Anda akan menempati posisi yang baik di Google tanpa aksi optimasi yang khusus. Kenapa ? karena konten tetap 'Raja'. Google akan senang hati menerima konten-konten yang niche, unik dan bagus.

2.Letakkan pondasi yang benar
Cari web hosting yang cepat dan tangguh. Jangan sampai 'byar pet' kayak listrik PLN yang tiba-tiba mati tanpa pemberitahuan. Pilihan CMS yang tepat juga mempengaruhi cepat lambatnya web Anda di indeks oleh Google. Saat ini Wordpress cukup tangguh dalam hal SEO, juga Drupal.
Atau bisa juga memanfaatkan blogger.com  

3.Lakukan optimasi SEO pada web Anda
Pada wordpress/Drupal, install plugin SEO kemudian optimasi meta tags dan lainnya

4. Luangkan waktu untuk submit ke directory submission, article writing ( misalnya ezinearticle.com), komentar pada blog ber PR tinggi atau situs berita online, facebook, social networking. Jangan lupa tinggalkan link yang menuju ke web Anda. Gunakan kata-kata yang provokatif, lucu dan kontroversial, dijamin akan banyak yang menanggapi komentar Anda. Asal tetap berada dirambu-rambu etika ya, karena ini kan menyangkut nama baik Anda sendiri.

5. Kalau ada uang lebih, pasang iklan di Google adwords dengan kata kunci yang relevan dengan konten web Anda.
Hemat uang Anda dengan mempelajari kata kunci yang tepat dan mengena pada sasaran demografi seperti yang dianjurkan Google. Anda perlu belajar bagaimana perilaku google adwords

6. Jika web Anda memiliki target pengunjung lokal, ya fokus saja pada konten lokal, listing di direktori lokal, dan semuanya diarahkan ke local seperti pilihan domain dan web hosting.

7. Buat blog, fan pages di facebook atau situs jejaring lainnya. Permudah bagi pengunjung pada web Anda untuk melakukan komentar, tag, sindikasi ( RSS ), send to friends, send to social bookmarking dan lain-lain yang membuat web Anda semakin dikenal oleh pengunjung.

Ingat, banyak teknik untuk melakukan SEO tapi Search Engine Optimization bukanlah ilmu pasti yang bisa dihitung. Kuncinya adalah tetap melakukan cara yang benar insyallah rangking akan datang dengan sendirinya.

0 comments:

Related Posts with Thumbnails
 

Informasi eBisnis. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com