Sebuah survei pengguna internet menarik untuk dijadikan kajian agar pemain bisnis internet di Indonesia memiliki gambaran secara menyeluruh bagaimana sih sebenarnya potensi internet di Indonesia ?
Baru-baru ini ( tepatnya pada bulan Agustus 2008) telah dilakukan sebuah survei oleh PT Synovate Indonesia mengenai pengguna internet di Indonesia. Menurut survei tersebut user masih mengandalkan teknologi dial-up (manual, telpon fixed line) untuk mengakses internet dengan besaran 73% , diikuti dengan teknologi ADSL, 16% lalu Wifi dan Dedicated line sisanya. Dua teknologi diatas masih dikuasai PT Telkom (73%) sebagai penyedia koneksi tersebut yaitu dengan Telkomnet Instant dan Speedy. Lalu diikuti CBN, IM2 yang masing-masing meraih kue sebesar 4%. Kemudian Telkomsel, Centrin dan Indonet yang meraih 3% dan sisanya dicicipi oleh First Media (2%), XL, Indosat, Mobile 8, Radnet yang masing-masing mendapatkan 1%.
Darimana pengguna tersebut menikmati layanan internet? Ternyata terbesar adalah di Rumah, Warnet, Kantor, Mobile dan kampus/sekolah.
Aplikasi yang paling sering digunakan ( urut berdasarkan paling banyak digunakan ) adalah Browsing, Email, Chatting, Downloading dan Gaming.
Peralatan/gadget yang biasa digunakan untuk mengakses internet adalah PC (75%), Laptop (45%), Mobile Phone (15%) dan PDA/Handheld PC (5%).
Terhadap program iklan yang tampil di banner-banner halaman web, apakah mereka mengkliknya? Ternyata 56% mengatakan Tidak, 37% Ya dan 7% Tidak Ingat.
-afif-
0 comments:
Post a Comment