Sunday, October 12, 2008

Selamat Datang di Informasi ebisnis


Salam sukses,

Blog ini merupakan kumpulan ide, gagasan, artikel, peluang, opini yang berhubungan dengan kegiatan elektronik bisnis atau biasa disingkat dengan nama ebisnis. Istilah ini diadopsi dari bahasa inggris e-business yang merupakan kepanjangan dari Electronic Business. Menurut wikipedia ebisnis memiliki pengertian sebagai kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dan semiotomatis dengan menggunakan sistem informasi komputer.

E-bisnis memungkinkan suatu perusahaan berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan eksternal secara lebih efisien dan fleksibel. E-bisnis juga banyak dipakai untuk berhubungan dengan supplier ( pemasok) dan mitra bisnis perusahaan, serta memenuhi permintaan dan melayani kepuasan pelanggan secara lebih baik.

E-bisnis berkaitan secara menyeluruh dalam proses bisnis termasuk value chain: pembelian secara elektronik (electronic purchasing), manajemen rantai suplai (supply chain management), pemrosesan order elektronik, penanganan dan pelayanan kepada pelanggan, dan kerja sama dengan mitra bisnis. E-bisnis memberi kemungkinan untuk pertukaran data diantara satu perusahaan dengan perusahaan lain, baik lewat web, Internet, intranet, extranet atau kombinasi di antaranya.

Dalam kegiatan sehari-hari terkadang istilah ebisnis disamakan dengan ecommerce. Sebenarnya ebisnis lebih besar pengertiannya dibandingkan ecommerce. Karena ecommerce sendiri merupakan bagian dari ebisnis itu sendiri. eCommerce pengertiannya lebih kepada transaksi bisnis menggunakan saluran elektronik seperti internet. Tetapi ada juga yang memberikan pengertian ecommerce bukan hanya melalui internet saja, karena transaksi melalui ATM ( Anjungan Tunai Mandiri ) itu pun juga merupakan ecommerce. 

0 comments:

Related Posts with Thumbnails
 

Informasi eBisnis. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com